Friday, May 01, 2009

Sembrono bin ceroboh

Sembrono adalah sebuah kata yang tepat untuk menjelaskan kalimat tentang mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru, tergesa-gesa. Padanannya adalah ceroboh yg dalam kamus besar bahasa indonesia artinya tidak berhati-hati; tidak cermat; tidak dipikirkan baik-baik ; tidak rapi; tidak bersih; gabas. (http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php).

Suatu saat pastilah kita pernah melakukan perbuatan ceroboh bin sembrono. Ketika kita tidak sabar menghirup kopi panas harum yang menggoda hati adalah salah satu perbuatan sembrono, karena akibat perbuatan kita itu lidah dan bibir kita bengkak-bengkak tak karuan yang efeknya bisa tiga hari kita tidak bisa menikmati lezatnya makanan dan segarnya minuman. Banyak sekali kejadian sembrono yang pernah kita lakukan diantaranya :

Sembrono di jalan

Ketika kita menyeberang jalan tanpa melihat kanan-kiri, tiba-tiba braaak, tuiing... badan mental ke got dan bibir lagi-lagi pecah adalah perbuatan sembrono. Menerobos lampu merah disaat ada Polantas adalah perbuatan berani tapi sembrono (apa oon). Ngebut di jalan raya padat lalu lintas adalah perbuatan sembrono, apalagi di jalan yang banyak anak-anak, bisa babak belur digebukin massa, Melakukan adu balapan di jalan yang banyak polisi tidurnya adalah perbuatan paling sembrono di dunia (karena badan jadi ajut-ajutan bikin sakit perut).

Sembono di kantor
Minta naik gaji disaat boz lagi emosi karena penjualan sepi adalah perbuatan sembrono, chating disaat jam kerja adalah perbuatan sembrono apalagi kopi darat sama temen online cewek yang ternyata istri boz adalah perbuatan paling sembrono di jagat raya.
Enggak masuk kerja alasan sakit tapi bisa berhahahihi di facebook yg kebaca statusnya sama siboz adalah perbuatan sembrono. Yang paling sembrono adalah ngelamar kerja ditempat laen pake fasilitas kantor lalu update status "lagi nyari kerja" sampe siboz esmosi.

Sembrono di rumah
Istri hamil lagi ngidam pengen jitak kepala mertua juga perbuatan sembrono. Suami merayu istri supaya bisa kawin lagi adalah perbuatan sembrono, Meminjam HP istri untuk sms-an sama cewek idaman lain adalah perbuatan paling sembrono didunia.

Istri yang mendapatkan suami miskin, jelek, gak bisa ngapa-ngapain dan tidak bisa dibanggakan adalah istri tersembrono didunia. dan suami yang mendapatkan istri lebih baik dari dirinya, lebih kaya, cantik dan soleh adalah suami yang sembrono...loh kok..kesembronoan suami dalam mencari istri menyebabkan turunnya kasih sayang Allah kepadanya...hehehe.

No comments:

Post a Comment