Tuesday, February 17, 2009

Nikmatnya Membaca.

Sahabat, membaca adalah hobi saya yang paling nikmat.
Membaca bagi saya seperti orang kecanduan, tak peduli omelan istri atau anak yang suka interupsi ketika saya sedang membaca. Bahkan jaman sebelum menikah dulu, buku saya sempat dibuang oleh bapak(babe) saya, karena saat saya dipanggil bapak, saya tidak menyahut panggilannya, habis seruu banget tuh buku.

Saya juga sempat kena semprot ibu(enyak) saya saat saya sedang berada didalam toilet(wc maksute), karena ibu saya merasa bahwa saya menggunakan toilet sudah lama sekali mungkin sampe satu jam kali ya. Ibu saya memanggil-manggil, karena saya harus patuh pada panggilan ibu dengan berat hati saya selesaikan ritual pagi saya. Ketika saya keluar dengan segepok majalah yang saya baca, ibu saya marah luar biasa... “Jaliii elu udah gila ya masa lagi “pub” baca majalah... pantesan didalam lama sekaliii...emang gak kebauan...” saya pergi saja sambil ngeloyor...”Ya bau sih bau nyak, tapi mau gimana lagi, enak sih...” Mendengar jawaban saya, Ibu saya geram sekali sambil tangannya ngeloyor mau nyubit, saya pun kabur sambil berteriak “ampun nyak ampun, gak lagi-lagi deh”. Meskipun saya tahu saya akan mengulangi lagi ritual nikmat itu. hihihi.

Membaca bagi saya ibarat makan nasi sama opor ayam, nikmat bener. Apalagi jika ada buku yang saya senangi, walah-walah bakalan saya sikat bleh.. membaca bagi saya bukan untuk membuat pintar, tapi sekedar memuaskan jiwa saya yang haus akan dunia luar. Saya bukan tipe memilih-milih dalam membaca. Buku apa saja saya baca, yang penting enak. Semua disiplin ilmu, dari ilmu sastera sampai ilmu budaya dari ilmu ekonomi sampai ilmu teknologi, bahkan dari ilmu agama sampai ilmu sihir...eh nggak ding...ilmu mahir maksute,, yaa mahir membuat sesuatulah. Bahkan waktu SMP dulu saat sedang bangor-bangornya (bandel –red) saya juga sempat membaca novel tentang detektif nick carter karya anny arrow milik teman sebangku saya (gile bener)...Ketika membaca novel itu, saya heran bin kaget dan merasa aneh kok ada yang bikin buku seperti itu ya (sambil terheran-heran pura-pura cuek dan gak butuh padahal berharap benar kalau temen saya bisa pinjamin saya semalaman aja, pliz..deh bro). Setelah saya baca dan saya resapi dalam-dalam sampe merem melek (wajar bro abg gitu loh), saya anggap novel nick carter biasa aja.. bahkan jelek banget.. soalnya gak ada gambarnya sih hi hi hi...coba kalau ada gambarnya pasti saruuu eh seruu... bozz. :)

Selain novel gemblung tadi, saya juga suka membaca apa saja yang saya bisa baca, termasuk koran yg saya pakai sebagai alas sholat jumat waktu belajar kelompok di rumah temen SMP dulu. Nah waktu itu alas yang saya gunakan adalah koran poskota, persis pada kolom Nah Ini Dia menjadi tempat sujud saya. (Bagi saya Nah Ini Dia adalah kolom yg paling favorit pada saat itu—mungkin sampe sekarang kali ya..hihihi). Habis ceritanya aneh bin ajaib. Gak tahu benar apa kagak, yang jelas ketika teman saya komentar tentang khutbah jum’at saya gak inget persis...yang inget malah cerita nah ini dia tadi hehehe, batal gak ya sholat jumat saya waktu itu :(.

Saat paling menyebalkan bagi saya waktu itu adalah ketika sedang seru-serunya membaca, saya disuruh pergi oleh orang tua saya, entah pergi bayar listrik, ke warung atau kemana saja. Dan saat paling menyenangkan adalah saat saya pernah bekerja disuatu perusahaan dimana meja saya berhadap-hadapan dengan boss saya. Saat itu saya pura-pura sibuk didepan meja komputer, seolah-olah sedang bekerja, padahal saya sedang membaca berita online majalah detik, humor, berita dll di internet..Wakakaka kena luh bosz , ane makan gaji bute..

Saat yang paling menyedihkan bagi saya adalah waktu saya sedang asyik membaca, istri saya datang merebut bacaan saya dan saya disuruh menggendong anak saya yang masih balita...walah.walah.. kayaknya istri saya enggak boleh liat orang lagi seneng nih.. hati saya ber-suuzhon. Akhirnya timbul ide, bagaimana sambil menggendong anak, saya tetap bisa membaca buku itu, habis lagi tanggung bro—ente paling gak demen kan kalo lagi tanggung di suruh berhenti, nah lo ngaku aje loe... Saya beralibi pada istri saya kalau anak kecil tuh harus diajar membaca sejak bayi.. sambil memangku bocah saya dan memperlihatkan bacaan saya itu pada anak saya... nah sang bocah hanya bengong gak ngerti apa yang ada dihadapannya, kecuali menarik buku saya dan melumat-lumat kertasnya..waaaaaaa itu buku favorit saya...huhuhu.. Istri saya tertawa terpingkal-pingkal sambil berkata... “lagian mana mungkin anak kecil diajarin bacaan-bacaan berat macam buku kayak gitu, emangnya profesor”....weleh-weleh ketahuan deh..

Bacaan yang paling saya senangi adalah bacaan yang berisi, menghibur hati, membuat hati tentram dan teduh. Sedang bacaan yang paling saya benci adalah bacaan-bacaan dari artikel yang menghasut, menuduh tanpa bukti, serta fitnah-fitnah yang bertebaran tanpa bisa dipertanggungjawabkan. Bacaan yang saya sukai adalah bacaan yang lucu-lucu serta menyenangkan pembacanya. Sedang bacaan yang saya sebal adalah bacaan pada rambu lalulintas pada jalan protokol yang sangat provokatif“Motor wajib lajur kiri – artinya yang miskin minggir”,atau bacaan yang menempel pada kendaraan bermotor yang nadanya mau ngajakin berantem“Yang nyalip gue jitak”, “Kalo udah mirip boleh nyalip” –dengan gambar monyet nyengir kuda—gila nih orang SARA bener, gumam saya..., atau bacaan yang narcist “Awas orang ganteng”, “Yang cantik boleh bonceng”, atau yang bersahaja “Biar jelek milik sendiri” Biar jelek bayar pajak- meskipun yang keren tetap harus bayar pajak juga”, atau yang gak tahu diuntung “Buronan mertua” “Warisan Babe”. Atau bahkan bacaan yang paling berbahaya sekalipun pernah juga saya baca, yakni stiker yang bertulisan “Jika anda dapat membaca tulisan ini berati anda sangat dekat dengan kendaraan ini”- belum selesai saya membaca tulisan tsb tiba-tiba gubrak...tuiing... prang... (sorri gubrak doang ding, gak pake tuiing sama prang—emang piring pecah kale) motor saya menabrak kendaraan didepan, kepala saya pusing dan badan saya memar-memar. “Gila tuh mantera, manjur benar” batin saya.

Selain semua bacaan yang pernah saya baca ada satu hal yang saya tidak bisa lakukan, yakni membaca pikiran orang, sumpah saya bukan romy rafael, apalagi deddy cordbuzer. Membaca bacaan yang sudah jelas tulisannya saja kadang saya salah baca apalagi yang kagak ada tulisannya udah sakti kalee.

Dan terakhir, dalam dunia baca-membaca yang membuat saya harus benar-benar jujur demi keselamatan dan keutuhan keluarga saya adalah “istri saya pandai sekali membaca isi dompet saya...” wuaaaaa huhuhu.. :(

“Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan”

1 comment:

  1. Gue udah baca...gue udah baca...gue udah baca....
    (maksudnya : Iqro...Iqro...Iqro... yang memang kata IQRO terulang 3X dalam Al Qur'an). Ajib Bro....

    ReplyDelete